Kamis, 15 Desember 2011

Elang Botak

Elang Botak (Haliaetus leucocephalus) merupakan salah satu spesies elang yang terkenal. Elang Botak berasal dari Amerika Utara dan memiliki ciri khusus, seperti bulu-bulu di bagian kepala dan ekor yang bewarna putih, serta warna kuning cerah pada paruhnya. Elang Botak biasanya hidup di daerah perairan, baik sungai maupun danau. Maka dari itu, Elang Botak hidup dengan memangsa ikan-ikan yang hidup di wilayah seperti itu. Elang Botak terdapat di wilayah Alaska, Amerika Serikat, karena di wilayah Alaska terdapat banyak perairan yang kaya akan ikan.

Si Pemangsa
Elang Botak dikategorikan sebagai burung pemangsa. Ia memburu mangsanya dengan cara menyambar ikan-ikan yang muncul di sekitar permukaan air. Setelah berhasil menyambar ikan dengan cakarnya, Elang Botak membawa hasil buruannya ke tempat lain untuk memakannya. Paruh tajam Elang Botak memudahkan yang berbentuk kail memudahkannya untuk mencabik mangsanya. Paruh dan Cakar Elang Botak adalah 2 senjata utama Elang Botak.

 Simbol Penting

 

Secara umum, burung elang dianggap sebagai simbol kegagahan, kekuata, dan kebebasan. Bagitu pula dengan Elang Botak. Elang Botak dianggap sebagai hewan yang gagah, penuh kekuatan, dan membuat gentar hewan lain. Karena itu, Amerika Serikat menggunakan Elang Botak sebagai lambang negara. Lambang Elang Botak digunakan sejak 1782.

Fakta Menarik
- Elang Botak dapat terbang dengan kecepatan 50km/jam. Sementara kecepatan saat meluncur memburu mangsa dapat mencapai 120km/jam.

0 komentar:

Posting Komentar