Sabtu, 04 Februari 2012

Magnet

 

Secara Sederhana magnet adalah benda yang dapat menarik logam, terutama besi. Magnet memiliki 2 buah kutub, kutub utara dan kutub selatan. Jika kedua kutub yang sama didekatkan, maka magnet tersebut akan saling menolak. Sebaliknya, jika dua kutub yang berlainan didekatkan, magnet tersebut akan saling menarik. Disekitar magnet terdapat medan magnet. Medan magnet adalah wilayah yang memiliki daya magnet. Jika sebuah besi diletakkan di medan magnet, maka besi tersebut akan ditarik oleh magnet.

Kegunaan Magnet
Disekitar kita banyak benda yang menggunakan magnet sebagai komponennya, seperti motor pada kipas angin, generator, kartu ATM, dan loudspeaker pada radio.



Selain itu magnet juga digunakan sebagai kompas. Kompas sangat membantu para pelaut untuk menentukan arah. Untuk mengetahui arah, kita menggunakan kompas yang selalu menunjuk arah utara. Kompas tersebut harus digunakan bersama peta.

Membuat Magnet
Kita bisa membuat magnet sendiri. Caranya, dengan menggosok-gosokkan besi pada magnet. Metode lainnya, dengan mengaliri besi dengan listrik. Contohnya, dengan melilitkan kawat tembaga pada paku dan menghubungkannya dengan baterai. Sebaliknya, kita bisa menghilangkan daya magnet dengan cara memanaskan, atau memukulnya dengan palu.

0 komentar:

Posting Komentar