Kamis, 15 Desember 2011

Macaw


Burung Macaw termasuk dalam ordo Psittaciformes. Burung ini memiliki warna yang berbeda-beda, mulai dari jenis yang berbulu cokelat gelap, hingga yang bewarna cerah. Sejumlah spesies Macaw memiliki campuran warna bulu antara merah, biru, kuning, dan hijau. Burung Macaw banyak ditemui di wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, Burung Macaw berkerabat dengan Burung Kakaktua ataupun Burung Nuri.

Ciri umum spesies ini adalah bentuk paruhnya yang melengkung ke dalam dan ekor yang panjang. Burung Macaw gemar sekali memakan biji-bijian, kacang-kacangan, serta buah-buahan.

Penangkapan Macaw

Karena bulunya yang indah, orang sering tergoda untuk menangkap Macaw. Mereka menjerat burung-burung Macaw yang hidup di wilayah pedalaman. Setelah itu, burung-burung ini diselundupkan untuk diperjualbelikan.

Wilayah hutan yang semakin terdesak oleh keberadaan manusia, juga membuat burung Macaw semakin sedikit jumlahnya. Para ahli konservasi mencemaskan Macaw akan punah. Hal ini sudah terjadi di Brasil dan Puerto Rico.

Burung Pintar

Macaw adalah burung yang pintar. Kita sering melihat bagaimana manusia mengajarinya untuk melakukan sesuatu. Hal ini bisa kita lihat di berbagai pertunjukan sirkus. Salah satu tontonan yang sering dipertunjukan adalah bagaimana Macaw mengerek bendera, mengayuh sepeda atau membunyikan bel. 

Fakta Menarik
- Selain buah-buahan. Macaw juga memakan sedikit tanah liat. Hal ini dilakukannya untuk mendapatkan kalsium dan mineral lain.
- Musuh Macaw adalah burung elang. Untuk menghindar dari serangan elang. Macaw berkumpul dalam satu koloni dalam jumlah yang besar.

0 komentar:

Posting Komentar